Panduan Dasar dan Pengertian VPS: Apa Itu VPS

Klik Disini

Pernahkah Anda berfikir bagaimana cara membuat website agar bisa diakses dengan cepat. Sama seperti halnya sebuah alat elektronik yang memiliki penyimpanan data. Apabila memory hardware tersebut lambat, maka sudah dipastikan proses pembacaan data juga akan lambat. Jadi apabila ingin situs Anda cepat, maka pakai VPS murah dengan kualitas terbaik.

Klik Disini

Namun apa itu vps? Perlu diketahui, secara global vps sering digunakan untuk web hosting, game server bahkan mengembangkan suatu aplikasi.

Klik Disini

Pasalnya sebelum memilihnya Anda perlu memahami panduan dasar serta pengertian VPS. Pastinya agar tidak menyesal di kemudian hari karena salah pilih.

Apa Itu VPS ?

Panduan Dasar dan Pengertian VPS: Apa Itu VPS

VPS adalah sebuah server virtual yang digunakan untuk menyimpan berbagai file dan data di website. Umumnya ini dipakai orang supaya memenuhi kebutuhan sumber daya situsnya. Karena apabila menggunakan hosting murah sedangkan visitornya dan resourcenya besar , maka website tidak kuat dan berakibat situs down. Hal itu terjadi karena sumber daya digunakan merupakan shared hosting.

Kepanjangan dari VPS adalah Virtual Private Server, jika diartikan dalam bahasa indonesia yaitu Server Pribadi Virtual. Dimana membagi beberapa sumber daya yang berbeda dengan menggunakan teknologi virtualisasi. Oleh karena itu performa situs tidak akan terganggu maupun mengganggu pengguna lain.

Klik Disini

Bila dianalogikan seperti gedung apartemen. Penyewa dapat menempatinya pada gedung yang sama, namun setiap orang diberi fasilitasnya sendiri-sendiri. Jadi setiap aktivitasnya tidak akan mengganggu lainnya.

Dari analogi diatas dapat disimpulkan bahwa VPS merupakan server virtual yang dipakai beberapa pengguna dengan sumber daya terdedikasi. Jadi setiap penggunanya memiliki resource masing-masing

Itulah penyebab VPS perlu diaplikasikan oleh penyedia pemrograman, developer aplikasi, SaaS, maupun organisasi yang memerlukan server berkapasitas besar dengan harga terjangkau dan pastinya aman dari serangan hacker.

Cara Kerja Virtual Private Server (VPS)

Setelah mengetahui apa itu VPS, maka selanjutnya ketahui bagaimana cara kerja virtual private server. Karena berbeda dengan hosting, maka sudah dipastikan alur kerjanya juga berbeda.

Seperti penjelasan sebelumnya, Telah dianalogikan bahwa layanan server tersebut memakai konsep apartemen. Dimana setiap pengguna memiliki kesempatan menggunakan berbagai fasilitas tanpa harus bergantian maupun berbagi fasilitas. 

Hal ini dikarenakan setiap pemakainya memiliki tempat penyimpanan masing-masing. Maka memungkinkan untuk menyimpan berbagai data seperti file aplikasi maupun situs tanpa mengurangi source lainnya. 

Selain cara kerja dedicated yang membuat website menjadi aman dari gangguan user lain. Ternyata konfigurasinya pun dapat diubah sesuai selera.

Tentu itu sangat menguntungkan, pasalnya secara global vps sering digunakan untuk web hosting, game server, remote desktop maupun pengembangan dan menguji aplikasi. Jadi bisa memanipulasi konfigurasi tanpa ribet asalkan tahu bagaimana mengoperasikannya.

Tips dan Cara Memilih virtual Private server (VPS)

Panduan Dasar dan Pengertian VPS: Apa Itu VPS

Akhirnya Anda benar-benar paham mengenai apa itu VPS dan bagaimana cara kerjanya. Apabila setelah mempelajarinya ingin menggunakannya, maka saatnya untuk membahas tips dan cara memilih virtual private server versi gokemedia.com.

Saat ini setidaknya ada beberapa tips dalam memilih VPS dan akan kami ulas dibawah ini:

1. Menyesuaikan Kebutuhan

Mengidentifikasi merupakan hal pertama yang harus dilakukan saat memilih VPS. Jangan sampai Anda tidak tahu seperti apa kebutuhannya. Jadi silahkan cari tahu apa saja keperluanmu dalam memakai layanan tersebut.

2. Memperkirakan bandwidthnya

Perlu diketahui bahwa ada kapasitas maksimal saat memakai VPS. Jadi setiap melakukan pengiriman maupun menerima data ada hitungannya. Itu diberlakukan supaya dapat mendistribusikan resource secara adil.

Maka perkirakan seberapa banyak data yang akan digunakan di masa mendatang. Karena jika tidak, biasanya akan ada biaya tambahan apabila pengguna melebihi kapasitas bandwidth

3. Sistem Operasinya

Sistem operasi menjadi aspek yang menjadi pertimbangan sebelum memutuskan VPS. Pada umumnya para penyedia jasa memiliki dua macam sistem operasi yaitu linux dan windows.

Pertimbangkan itu untuk mempermudah proses maintenance nya 

4. Pilih RAM dan CPU Sesuai Kebutuhan

Sama dengan halnya komputer atau laptop, VPS juga mempunya RAM dan CPU. Bedanya ini menggunakan virtual dan pastinya memiliki batasan. Semakin banyak penggunaannya maka akan berpengaruh terhadap performa situs

5. Penyimpanan

Ruang penyimpanan tergantung seberapa besar paket yang dipilih. Makanya perlu anda melakukan perkiraan apakah kebutuhanmu memakan penyimpanan atau tidak. Selanjutnya gunakan SSD bila ingin menikmati kecepatan pada prosesing transfer data.

6. Paham Teknologi

Memahami teknologi yang digunakan menjadi pertimbangan saat memilih layanan vps. Ditakutkan bila teknologi tersebut tidak kompatibel dengan suatu kernel, dampaknya Anda akan kesulitan dalam mengelola situs.

7. Aman dari Serangan Malware

Tips dan cara memilih virtual private server selanjutnya dilihat dari keamanan sistemnya. Carilah penyedia layanan VPS profesional dalam menjaga kualitas keamanannya supaya nggak ketar ketir takut data hilang karena malware.

8. Bisa Mengakses Root 

Memiliki akses root merupakan pertimbangan saat memilih VPS. Adanya akses tersebut akan mempermudah pengontrolan pada server.

9. Sesuai Budget

Jangan memaksakan diri untuk memilih VPS berharga mahal namun melebihi kebutuhan. Silahkan cari layanan yang sesuai dengan anggaran dan keperluan.

Manfaat dan Keuntungan dari Penggunaan Virtual Private Server VPS

Adapun berbagai manfaat dan keuntungan menggunakan Virtual Private Server seperti dapat melakukan perubahan konfigurasi sesuai keinginan, bisa menentukan jenis panel kontrol, dapat merubah pengaturan server, dapat memilih sistem operasi dan memperoleh dedicated IP.

Dari banyaknya keuntungan diatas Anda tidak akan menyesal apabila mau bermigrasi dari hosting biasa ke VPS. Pastinya semua kelebihannya dapat dirasakan.

Penutup

Akhirnya setelah membaca artikel kita bisa tahu apa itu vps. Bisa disimpulkan bahwa penggunaan VPS adalah kewajiban bagi developer maupun penggiat aplikasi online. Karena fiturnya sangatlah menguntungkan berbagai pihak.

Dan secara global VPS sering digunakan untuk mempermudah pekerjaan, serta kecepatan aksesnya memberi sensasi senang bagi penikmat websitenya.

Kami rasa cukup sekian panduan dasar dan pengertian VPS, semoga informasinya bermanfaat wasallam.