4+ Jenis Keyword Search Engine Marketing Terbaru 2022

Klik Disini

Tahukah kamu bahwa Jenis keyword search engine marketing atau SEM merupakan hal yang wajib dipelajari sebelum melancarkan pengiklanan website. Mau tidak mau memanfaatkan strategi tersebut membutuhkan cukup modal. 

Klik Disini

Namun dengan menggunakannya, kamu tidak perlu repot-repot belajar SEO untuk menaikan ranking website. Hanya memakai jasa SEM maka situsmu akan berada pada halaman pertama.

Klik Disini

Pemilihan keyword janganlah asal tulis. Hendaknya pelajari terlebih dahulu jenis keyword apa yang cocok untuk situsmu supaya tidak boncos karena salah kata kunci.

Jenis Keyword Search Engine Marketing 

4+ Jenis Keyword Search Engine Marketing Terbaru 2022

Seperti penjelasan di atas, dalam penulisan keyword search engine marketing tidaklah asal. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kata kunci tepat sasaran. berikut ini adalah jenis keyword search engine marketing yang wajib diketahui :

Broad Match Keyword

Jenis keyword search engine marketing yang paling umum yaitu broad match keyword. Pasalnya untuk melancarkan jenis keyword ini sangatlah mudah.

Klik Disini

Bagaimana tidak, pemilihan kata kunci dilakukan secara otomatis pada tingkat kerelevanan yang cukup rendah. Namun dibalik itu, penyedia layanan seperti google ads menargetkan pada visitor yang bermacam-macam dengan tingkat volume tinggi.

Perlu diketahui bahwa, munculnya keyword SEM jenis ini kurang spesifik pada kata kunci yang dituju. Apabila kamu menargetkan pada satu keyword jenis broad match, maka iklan tampil dengan banyak KW berbeda.

Jadi misal kamu menargetkan sebuah kata kunci “ Jam tangan sport” saat melakukan kampanye di platform SEM. Maka secara otomatis situsmu muncul pada visitor yang mengetikan “ jam tangan dewasa”, “jam tangan pria” atau “jam tangan mahal”.

Phrase Match Keyword

Phrase match keyword pada jenis keyword search engine marketing sifatnya lebih spesifik lagi dari broad match. Perbedaanya lebih ke pemilihan visitor yang dapat diatur sesuai keinginan atau lebih tertarget.

Pemakaian phrase match keyword bisa mendapatkan visitor dengan spesifik sedang dan jumlah trafik visitor sedang. Tentunya ini lebih sedikit memakan biaya dari pengguna jenis sebelumnya.

Saat menggunakan jenis ini, kamu bisa menambah kata di belakang atau didepan kata kunci seperti “ jam tangan sport” dengan penambahan “jam tangan sport murah”, “beli jam tangan sport” atau “ pakai jam tangan sport murah”.

Exact Match Keyword

Jenis keyword search engine marketing ini lebih spesifik lagi dari phrase match keyword. Jika broad match akan secara default dan phrase match menambah kata depan dan belakang, maka exact match membuat kata kunci yang sangat spesifik dan tertarget.

Artinya iklan yang muncul sama persis dengan keyword bidikan. Oleh karenanya jenis ini memberikan jumlah visitor sedikit namun tingkat relevansi sangat tinggi. 

Tentunya ini digunakan untuk meminimalisir biaya pengiklanan. Serta mendapatkan visitor sesuai karakteristik yang diinginkan pengiklan.

Contoh penulisan kata kuncinya dari “jam tangan sport” yaitu “ jam tangan digitec”, “ jam tangan warna hitam” atau “jam tangan untuk olahraga”

Negative Keyword

Dari semua jenis keyword search engine marketing, inilah yang paling nyeleneh. Dalam artian, kata kunci yang wajib dihindari saat melakukan kampanye. Model kata tidak relevan jika digunakan pebisnis ketika memilih kata kunci.

Misalnya kamu menjual jam tangan sport. Pastinya keinginanmu saat melakukan kampanye tepat pada orang yang sedang mencari jam tangan untuk keperluan olahraga. Maka kata kunci negatif nya adalah “cara buat jam tangan”, “jam tangan rusak” atau “ sejarah jam tangan sport”.

Penulisan kata kunci tersebut sangatlah tidak relevan. Karena visitor memiliki tujuan yang berbeda dengan target.

Kesimpulan

Untuk menentukan kata dengan tingkat relevansi tinggi, diperlukan pengetahuan tentang jenis keyword search engine marketing atau SEM supaya tidak boncos. Hal itu berkaitan antara tujuan visitor dengan pengiklan. Pastikan dari keduanya memiliki saling berhubungan. 

Katakanlah pengiklan ingin menjual suatu produk. Maka cari orang yang ingin membeli barang tersebut. Maka dari itu bentuk kata kunci efektif dibagi 3 jenis yaitu Broad Match, Phrase Match dan Exact Match. Mereka memiliki karakteristik yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

kembali lagi ke tujuan masing-masing. Jika ingin mendapatkan trafik tinggi gunakan broad match, trafik sedang tetapi cukup relevan pilih phrase match dan trafik rendah namun sangat relevan pakai exact match.

Sekian informasi dari gokemedia, semoga bermanfaat wassallam.