Apa Itu Proxy? Inilah Jenis-jenis dan Cara Kerjanya

Klik Disini

Istilah proxy kerap muncul ketika membahas tentang internet, VPS, dan keamanannya. Lalu, sebenarnya apa itu proxy? Bagi kamu yang penasaran, jawaban lengkapnya akan disampaikan pada artikel kali ini.

Klik Disini

Umumnya, pengguna internet memakai proxy untuk “menyembunyikan” dirinya di internet. Seperti apakah konsep dan cara kerjanya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Klik Disini

Apa Itu Proxy?

apa itu proxy

Proxy bisa didefinisikan sebagai sistem penengah antara internet dan pengguna. Fungsi utamanya adalah melindungi data diri pengguna ketika sedang terhubung ke internet. 

Ketika pengguna atau user memakai proxy saat mengakses website, alamat IP asli tidak akan dikirimkan ke server. Yang digunakan adalah IP dari proxy.

Proxy membutuhkan server untuk menjalankan fungsi tersebut. Selanjutnya, ini disebut sebagai proxy server. Bentuknya bisa berupa komputer atau alat lain.

Klik Disini

Peran dari server tersebut adalah mengeksekusi atau memproses permintaan pengguna yang memakai layanan proxy. Caranya adalah menyembunyikan IP pengguna dan memberikan IP baru untuk memproses permintaan ke server website.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Pada penjelasan apa itu proxy di atas sebenarnya sudah ada gambaran umum cara kerja proxy. Supaya lebih paham, sebaiknya simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Kalau mengakses internet tanpa proxy, informasi dari komputer lokal akan dikirimkan ke router Internet Service Provider (ISP) menuju server website yang ingin dikunjungi. 

Umumnya, proxy terletak di antara komputer lokal dan jaringan internet. Kalau diaktifkan, data dari komputer lokal akan dikirimkan ke proxy server terlebih dahulu untuk diproses. Selanjutnya, permintaan diteruskan ke server website hosting murah 1 tahun menggunakan data yang sudah diubah oleh proxy server.

Jadi, server website akan melihat IP address pemberian proxy server. Sedangkan IP address pengguna yang asli sudah disembunyikan.

Perbedaan Proxy dan VPN

Saat membaca penjelasan tentang cara kerja di atas, mungkin kamu berpikir bahwa fungsinya sangat mirip dengan VPN. Tidak salah, tapi ada perbedaan yang cukup jauh antara proxy dan VPN.

Proxy hanya bekerja pada satu aplikasi. Misalnya kamu mengatur proxy di Chrome. Maka, saat kamu mengakses website menggunakan Firefox akan tetap menggunakan data asli.

Sedangkan cara kerja VPN adalah mengamankan seluruh traffic yang terjadi pada jaringan. Cara VPN menyembunyikan alamat IP pengguna adalah memakai tunnel yang telah dienkripsi. 

Jenis-jenis Proxy

Ada 4 jenis proxy yang dibedakan berdasarkan cara kerjanya. 

1.Transparent Proxy

Transparent proxy memberikan informasi kepada web server bahwa user memakai proxy untuk mengakses website tersebut. Informasi mengenai IP Address user juga akan diteruskan ke server tersebut.

2.High Anonymity Proxy

High anonymity proxy menyembunyikan identitasnya sebagai proxy. Saat digunakan untuk mengakses web, IP address pengguna yang asli tidak akan dikirimkan ke web server. 

User akan mengakses web server menggunakan IP address baru. Web server tidak akan mengenali bahwa IP address tersebut memakai proxy.

3.Distorting Proxy

Distorting proxy akan menginformasikan kepada web server bahwa user menggunakan proxy. Namun IP address yang dipakai untuk mengakses web server bukan IP address asli.

4.Anonymous Proxy

Cara kerja anonymous proxy sebenarnya sama dengan distorting proxy. Yaitu menyembunyikan IP address user ketika mengakses web server. 

Perbedaannya adalah pengguna anonymous proxy bisa mengaktifkan enkripsi untuk melindungi data agar tidak terbaca oleh proxy server. Artinya, anonymous proxy lebih aman.

Kelebihan Menggunakan Proxy

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan pengguna ketika menggunakan proxy.

  • Bisa Mengakses Web yang Diblokir

Saat menggunakan proxy, IP address kamu berubah. Secara otomatis, geo lokasi yang terdeteksi pun berubah, bisa saja kamu menggunakan IP luar negeri.

Sebagian besar pengguna memakai proxy untuk mengakses website yang diblokir pemerintah. Pemblokiran ini menggunakan filter IP address. Otomatis akan terbebas dari filter tersebut ketika menggunakan proxy.

  • Perlindungan Tambahan

Jika menggunakan anonymous proxy, kamu bisa akses internet tanpa dikenali secara langsung oleh server. Data yang ada di sisi pengguna juga dienkripsi. Jadi, pemakaian proxy dalam hal ini bisa memberikan keamanan tambahan.

  • Membatasi Pemakaian Internet pada Anak

Anak-anak yang sudah mengenal internet harus berada di dalam pengawasan. Pasalnya, tidak semua konten di internet aman diakses anak-anak.

Salah satu cara membatasi pemakaian internet pada anak adalah menggunakan proxy. Proxy bisa dipakai untuk memblokir website tertentu. Dengan begitu, anak-anak akan terhindar dari bahayanya internet.

Kekurangan Proxy

Meski punya banyak keuntungan, ternyata memakai proxy juga ada kekurangannya. Terlebih untuk proxy yang gratis.

  • Proxy Gratis Biasanya Berisiko

Ada dua jenis proxy, yaitu gratis dan berbayar. Proxy yang gratis umumnya lebih berisiko ketimbang proxy berbayar.

Pasalnya kebanyakan proxy tidak memakai enkripsi end to end. Artinya, mungkin saja data kamu justru bocor ketika di tengah perjalanan dari komputer lokal ke server atau sebaliknya.

  • Aktivitas Internet Terpantau

Proxy memang membantu pengguna untuk menyembunyikan identitasnya dari web server. Tapi tanpa sadar, justru proxy server yang merekam data pengguna.

Dari penjelasan di atas, kamu tentu sudah paham terkait apa itu proxy versi gokemedia.com. Jika ingin memakainya, sebaiknya gunakan proxy berbayar alih-alih gratis. Utamakan keamanan kamu di internet ya.